Balok (last chapter)

Pernah makan cabe rawit? Pedes kan? Ya pasti pedes lah… Tapi gimana kalo ternyata kemakan ama cabe yang pedes buanget? Pedesnya diluar perkiraan? Nah, kira2 begitulah perasaan kami sekarang. Kayak kemakan cabe :P Dari pertama udah tau kalo rasanya bakal pedes, cuman nggak nyangka kalo se-pedes ini… ugh!

Pengalaman yang sangat menyedihkan di Semarang, Festival Game Edukasi dan Animasi Indonesia (FGEAI Semarang). Di kontes game edukasi kali ini game kami “balok” bahkan nggak masuk ke babak penyisihan kedua (13 besar). Di depak begitu saja tanpa ampoon T___T; Menyedihkan…

Eniwey, inilah game kami :

Balok

Main Menu

Dalam menu utama ada beberapa pilihan permainan. Secara umum dibagi jadi 2 kategori, latihan dan puzzle. Level-level Latihan bisa digunakan oleh pemain untuk belajar menggerakkan balok-balok dalam permainan ini. Ada 2 tipe kontrol yang bisa dipakai.

Drag mouse pake tombol kiri

Drag dengan mouse kiri. Dengan meng-klik-kiri balok itu di sembarang titik, kemudian menahan klik-kiri sambil menggerakkan mouse, sama dengan menghubungkan sebuah tali karet dari titik tersebut ke kursor mouse kita. Jadi semakin jauh kita menggerakkan mouse dari posisi awal, semakin besar percepatan yang kita beri pada balok di titik tersebut.

Dengan klik-kiri dan drag ini kita bisa mengangkat balok dan memutar-mutar balok tersebut untuk memposisikannya sesuai dengan keinginan kita.

Geser pake klik kanan

Geser dengan klik kanan. Sama dengan kontrol diatas, bedanya disini kita memakai tombol klik-kanan untuk menggerakkan balok. Hasilnya, balok yang kita pilih akan bergeser sesuai dengan posisi kursor mouse. Hanya saja, pergerakannya terbatas (sebesar kotak titik-titik di belakang balok). Hal ini memberikan tantangan tersendiri pada game Balok. Karena kita tidak bisa menggeser baloknya sesuka hati kita kemana saja. Untuk menggerakkan balok, mau-nggak mau kita harus memakai tombol klik-kiri.

Ada satu lagi kegunaan tombol klik-kanan ini. Yaitu menyetop balok yang sedang bergerak.

Gimana? Kebayang permainannya seperti apa? (klik-kiri, tahan, drag sebuah balok) lempar balok ke arah tempat yang kita tuju, kemudian tangkap (kllik-kanan, tahan) balok tersebut dan posisikan (drag sambil tetep klik kanan) sesuai keinginan kita.

Dalam game ini kita menggunakan physic engine dari farseer. Ini memberikan user experience yang unik, karena kita serasa berada di dunia nyata. Semua balok-balok di game ini saling berinteraksi layaknya benda padat di dunia nyata. Hal itu kemudian di gabungkan dengan tantangan dan informasi yang dibungkus sedemikian rupa sehingga jadi sebuah game edukasi. Unik malah, kalo menurut kami. Soalnya kayaknya blom pernah ada game kayak begini… Kayaknya loh…

Nah, trus kalo udah bisa menggerakkan balok2 tersebut mau ngapain?

Nah barulah kita masuk ke puzzle dari game ini. Puzzle dalam bahasa normal (bukan bahasa C# :P) adalah permainan mencocokkan keping-keping puzzle untuk membentuk (misalkan) sebuah gambar. Atau kalo kita mecahin vas bunga trus disuruh ngelem lagi pake alteco semua kepingan pecahannya agar kembali ke bentuk semula, nah itu artinya kita disuruh maen puzzle…

Puzzle di game Balok agak sedikit beda. Karena, semua balok-balok yang udah kita sebut-sebut dari tadi ternyata ber-sifat seperti layaknya balok-balok di dunia nyata. Artinya balok itu terpengaruh oleh gravitasi (bisa jatoh), gaya, percepatan, tumbukan, gesekan, dan rotasi terhadap titik pusat. Hanya saja ditampilkan dari satu sisi saja (2D).

Nah, diberikan sebuah set balok (terdiri dari beberapa bentuk dan warna), buatlah sebuah bangunan bersejarah di indonesia : Monas. Hehehe, tipe-tipe soal ACM-icpc :P

Yup, inti dari game ini adalah membangun, atau lebih tepatnya menyusun balok-balok tadi agar menjadi bentuk bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia. Dalam lomba ini gamenya baru kita isi dengan Monas, Candi Borobudur dan Pura Besakih.

Lebih jelasnya lihat screenshotnya :

Game on action

Di background kita bisa melihat bentuk monas (garis-putus-putus) yang di dalemnya ada warna-warna tertentu. Warna-warna itu menandakan balok yang dipasang disana harus balok yang warnanya match dengan backgroundnya.

Nah, apa bedanya dengan Puzzle biasa? Bedanya, kita harus membangun! Artinya mulai menyusun balok-baloknya dari bawah. Kalau pondasi kita nggak rapet, atau bangunannya ‘kesenggol’ maka bangunannya bisa roboh! Nah disitulah tantangan gamenya.

Dalam versi terakhirnya (1.1) game ini sudah mengintegrasikan timer sebagai sistem scoring. Semakin cepat kita menyelesaikan bangunannya, semakin tinggi rangking kita.

Setelah menyelesaikan puzzlenya kita akan disuguhkan dengan informasi tentang bangunan tersebut.

Menang dapet Info

Di gambar diatas bisa kita lihat layar informasinya. Walaupun sebenernya puzzle belum solved (cheating, hehe)…

Nah, trus akhirnya gimana? Ya itu tadi… Pedesss… >__< Karena game ini bahkan nggak dipanggil untuk masuk penyisihan tahap 2 (13 besar)… Hiks, lebih parah dari waktu mengikutkan BallCulator di Malang.

Padahal kami udah berusaha memasukkan unsur edukasi sebanyak-banyaknya ke game ini. Mulai dari sejarah, fisika (fisika terapan, diterapkan ke mouse :P) sampai koordinasi sensorik (mata) dan motorik (tangan).

Tapi Jurinya mungkin (mungkin lo ya) beranggapan bahwa semua itu terlalu banyak untuk sebuah game. Terlalu sulit mungkin? Kurang fun? Atau nggak ada unsur fun-nya sama sekali :P … Sehingga memutuskan game ala digger (multiple platform with ladder, ngejar emas yang muncul secara random di layar) lebih baik dari segi edukasi dan lebih pantas untuk ikut penyisihan kedua (setidaknya gitu loh, daripada game kami ini)… Ups, no offense yak :P

Nah, begitulah sekelumit cerita dari Semarang, nggak bisa tidur nih di travel sebelum mencurahkan unek-unek di blog ~_~

haa… lega… ^_^

Oh ya, kali ini nggak ada foto-foto screenshot atau cerita-field-report tentang game dari tim yang lain. Soalnya udah nggak sempet lagi, udah kesetanan nyari aer minum… pedesssssshhhhhhhhhh…….

– Palapa studio (Leo & Gelar)

About these ads

7 Responses to “Balok (last chapter)”

  1. shinji69 Says:

    pertamax. . . . .

    first of all, great. . . I mean. . .GREAT Game, sumpah gw acungin 5 jempol dah, 2 jempol tangan, 2 jempol kaki, ama 1 jempol yg laen

    emang tu juri gebleg abis, ngejar emas yg muncul secara random di layar punya unsur edukasi tinggi? gw bikin pake flash ntar sore juga jadi. . . ups no offence for siapapun yg buat itu game. Jurinya Roy Suryo kali ya. . . . pedeeeeshhh

  2. Zeft Says:

    waks….
    g usah dipikirin comment diatas, orangnya roy banget gitu(apa2 ngomong roy) :p
    oi le, emang kompetitor2 lo yang pada hoki itu teamnya berapa orangan seh?

    keknya lo kekurangan resource deh, soalnya bwt bikin game kan perlu banyak kombinasi disiplin elmu, hallah…
    mungkin untuk kompetisi berikutnya, bisa sedikit lebih profesional, misal punya tim desainer, trus tim story-writernya, trus tim codingnya cut! cut!.. biar lebih punya taste! hehehe…
    peace… :)

    ps: dooh pengen bgt coding game lagi, g pernah punya kesempatan euy.. T_T

  3. –§Hi Says:

    great game, le ;)

    le.. kapan2 klo le mo bikin game lagi… pipit pengen jadi story-writernya, boleh ?? hehe…

  4. Bjoe Says:

    maaf numpang mampir, gw dari GDI tadi :p mo koment dikit soal game ini (sbelumnya maaf saya komentar tanpa mencoba gamenya hanya liat apa yg ada di halaman ini :p)..

    gw setuju ma pendapat mas Zeft, “pembungkusan” game ini kurang menarik buat gw.. terlalu standart (bahkan mungkin dibawah standar karena saya lihat hanya kotak sebagai frame dan font comic sans)untuk desain visualnya sehingga terlihat game ini ‘sekedar’ jadi, buat anak2 (saya baca di halaman lain game ini targetnya anak2 kan) ini kurang menarik..

    mungkin bisa akan lebih menarik perhatian anak2 apa bila disana semua element interaktivitas diberi pemanis visual, seperti dibuat desain interface yang lebih baik, kasi gambar tombol2 (jangan teks aja).. desain cover (menu utama) di bikin lebih menarik lagi.. mungkin bisa dibikin sebuah cerita yg “membungkus” game ini, isi karakter, klo pazel (biar gampang ngetiknya) dah jadi muncul karakter yg beranimasi memberi informasi dengan suara dan text..

    hm.. saya kurang tahu apa dalam game ini isi suara apa nggak, jika tidak ada maka akan lebih baik klo di tambahkan background sound dan dan sound effect..

    overall saya rasa konsep game ini bagus, hanya kurang di’poles’ dalam segi fun dan artistiknya.. hm gw rasa itu yg bikin game ini gak lolos di semarang, gw kurang tau soal game gold digger yg kalian singgung tapi mungkin kalian bisa ambil nilai lebih game itu dibanding game kalian :D

    intinya game itu for fun, btw ada link buat maenin game kalian gak? jadi pingin maen nih..

    salam :)

    bjoe

  5. dodollipret Says:

    @all thanks for da support :D

    @Bjoe
    Thanks buat masukannya. Ya, kami menyadari bahwa penilaian tim juri nggak main-main. Pasti ada hikmahnya di balik itu semua. Terutama komentar anda tentang pemanis visual, harusnya poin ini kami tingkatkan porsi pengerjaannya di game selanjutnya (lagi nyiapin game buat di Surabaya ni ^_^)

    Oh ya, udah ada sound-nya koq. Music dan efek ketika ada tumbukan. Dan gamenya akan kami share ke public, ver 1.1 sebagaimana di lombakan di Semarang. Cuman kayaknya musiknya harus di kurangin deh, soalnya total gamenya sampai 400MB >_<! masih bingung uploadnya kemana…

    XNA nggak ngasi support audio ke format lain kecuali .wav. Jadi 1 lagu rata-rata 50MB, habis spacenya cuman buat music doanks… hiks…

  6. Mirza Says:

    Wew…

    game nya ud bagus dan idenya juga keren, tapi ya itu bener kata temen2 diatas ^

    secara grafis masih ada yang kurang :)

    biasanya sih programmer lebih fokus ke codingnya daripada desainnya ya??

    dan masa utk suara aja 50 Mb? pasti belum sempat ngedit soundnya ya ha..ha…ha..

  7. Bjoe Says:

    mas dodolipret, apa ada niat buat dilombakan pas di denpasar? klo iya kabari ya PM gw di GDI, gw Ultraman_Bastard


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: