KNSI UII Jogja

Tanggal 17 Januari kemaren saya berkesempatan main ke Universitas Islam Indonesia, Jogja. Keberangkatan saya kali ini ditemani oleh Ius, anak IF ITT 04 juga. Maksud dan tujuan keberangkatan kami ialah untuk menghadiri Konferensi Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) yang diselenggarakan disana. Kedatangan kami ke Jogja bukanlah dengan tangan hampa, melainkan kami berdua membawa masing-masing sebuah amanah yang di amanatkan ke pundak kami : Menyajikan makalah kami yang telah diterima (Call for Paper).

pusing ga bacanya?

Berikut sedikit mengenai paper yang Ius buat :
Pemakalah : Ius Hadi Saputro, Hetti Hidayati, Dana Sulistyo
Judul Makalah : Pemetaan Learning Technology System Architecture (LTSA) Pada LMS Moodle

Sedangkan yang saya buat :
Pemakalah : Leonardi, Dana Sulistiyo Kusumo
Judul Makalah : SCORM Sebagai Standar Pembuatan Konten E-Learning

Nah, cerita sedikit nih tentang SCORM :

Sharable Content Object Reference Model (SCORM) adalah standar yang dikembangkan oleh Advanced Distributed Learning (ADL) yang kemudian di-support oleh United States Secretary of Defences (USSD) sebagai sebuah standar e-learning. Sejak dikembangkan mulai tahun 2000, saat ini hampir semua LMS yang beredar sudah menerima standar SCORM sebagai standar paket konten untuk modul pembelajaran

copas dari paper ajah :P

Intinya yang mau saya sampaikan adalah : Sekarang hampir semua Learning Management System (LMS) sudah support standar SCORM. Jadi kalo mau bikin konten untuk aplikasi e-Learning, sebaiknya kita mengikuti standar tersebut. Dan untuk membuat konten dengan standar SCORM, udah ada banyak Authoring Tool yang gratis di web. Dengan menggunakan Authoring Tool ini, kita bisa membuat konten yang pada akhirnya bisa dengan mudah dipindah-pindahkan antar LMS (tanpa perlu di edit lagi).

Diagram pembuatan konten berstandar SCORM

Diagram pembuatan konten berstandar SCORM

Nah kira-kira seperti itulah alur kerja pembuatan konten SCORM-nya. Jadi pertamatama kita siapkan bahan-bahannya, trus kita masukkan (kayak bikin slide kuliah aja) ke Authoring Tool. Kemudian di-package kedalam file .zip. Terakhir di upload ke LMS-nya. Di LMS, tinggal dimanfaatkan sebagai bahan untuk sebuah course.

Sedangkan Authoring Tool yang saya pakai adalah Xerte, tools yang lumayan baru. Tool ini dibuat dengan bahasa Flash, sehingga package SCORM yang di hasilkan pun sejatinya adalah sebuah Flash. Jadi browser kita harus di pasangin plugin Flash dulu buat bisa mainin packagenya. Berikut adalah cuplikan hasil pembuatan SCORM package oleh Xerte :

Moodle me load content buatan Xerte

Moodle me load content buatan Xerte

Kami berangkat dari bandung hari Jum’at jam 8 malam naik Kereta Api. Sampai di Jogja jam 5 pagi. Naik taksi ke jalan Kaliurang, padahal ternyata ada jemputan dari UII, tau gitu nunggu aja :( Trus acara mulai jam 9 sampai jam 4 sore. Nah, sambil nunggu kereta berangkat ke bandung jam 10 malam, kami menghabiskan waktu untuk keliling kota. Naik kaki istimewa yang di seret seret dari ujung ke ujung… hehehe…

Nah ini oleh-oleh dari Jogja :D Kalo jadi laper saya nggak nanggung yak :P

Gudeg

Gudeg

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: