T61 ku Rusak

Meninggal sajalah

Meninggal sajalah

Percaya ga, begitulah tampilan monitor gw pas ngetik ini postingan… :( such a huge pain in the ass, eh, eyes…

Laptop saya kena rusak. VGAnya doang sih kayaknya. Soalnya semua fungsi laptop yang lain masih jalan. Gambarnya aja ancur…

Setelah googling, ketemu sebuah artikel di situs internet, http://www.engadget.com/2008/07/31/figuring-out-which-nvidia-gpus-are-defective-its-a-lot/ kayaknya ini laptop vga-nya dapet yang defect. nVidia quadro NVS 140M. Denger2 ini vga chipsetnya sama dengan seri 8600 atau 8400 M…

Yang parah, kerusakan terjadi ketika saya sedang di daerah terpencil. Pas lagi ngisi pelatihan. Praktis harus menggunakan dual view dari pagi sampe sore. Pada hari ke-5, masalah terjadi…

So, saran saya, buat yang punya laptop dengan vga nVidia seri yang (mungkin) defect dari pabrik, ada 2 pilihan :

1. Kalo masih garansi : stress test vga-nya, kalo melt down segera claim garansi!

2. Buat yang udah lewat masa garansi, jangan sering2 disuruh kerja berat ntu vga…

Either way, siap siap aja. Situ semua beli bom waktu! Woakakak…

kasihanilah saya -___-;

Advertisements
Posted in ?. Tags: , , . 1 Comment »

Custom 4850 cooler

Kemaren iseng ngoprek VGA baru, Digital Alliance ATI 4850 versi standar cooler.

Dengan pendingin standarnya, suhu yang terbaca berkisar 80 (idle)  sampai 100 derajat celcius! (full load) Wew… Segera deh hunting vga cooler. Pilihan gw jatuh pada Thermaltake DuOrb, soalnya kebetulan ada yang jual second :P hehehe… (fyi : semua  daleman komputer ‘baru’ saya juga barang second :shy:)

Masalahnya, pendingin VRM yang dikasi DuOrb itu kurang. Cuman dikasih 2 strip. Kalo nggak di dinginin kan panas… Kesian… Nah, muncul ide buat hardmod : potong pendingin bawaan vganya, supaya bisa pasang DuOrb di tengahnya :D

Nah, ini gambar si korban mutilasi, sebelum di eksekusi :

Sebelum di eksekusi.

Sebelum di eksekusi.

Cooler standar yang di design oleh ATI ternyata sebagian besar cuman aluminium yang di cat warna tembaga. Terasa dari ringannya material begitu dipegang ama tangan…

Eksekusi kemudian dilakukan di tukang bubut (ahli potong besi). Kenal istilah tukang bubut setelah nanya nanya di tempat jual besi, tempat tukang las 1 dan tempat tukang las 2 ~_~ Disana gw minta bikun “U” shape di tengah plat pendingin yang lama. Dengan modal 10rb perak, jadilah plat cooler seperti ini :

Setelah di potong.

Setelah di potong.

Nah, setelah di potong baru keliatan bahwa plat cooler standar ini ternyata mengandung tembaga juga. Tapi cuman di bagian tengah plat, yang bersentuhan langsung dengan core GPU. Nah setelah di pasang, gw berharap pelat aluminium ini bakal kena angin yang dihembuskan DuOrb, sehingga bisa mendinginkan RAM dan VRM si 4850.

Let’s see it from different angle.

Closer cut view.

Closer cut view.

Kalo dilihat dari deket, potongannya nggak halus2 amat. Tapi cukup lah, ga musti halus2 amat koq :) Nah gambar dibawah adalah komponen penting yang mau dipertahankan fungsinya, pendingin VRM.

Masih mempertahankan beberapa fungsinya...

As VRM Cooler

Setelah memastikan bahwa RAM dan VRM-nya udah nempel sama plat aluminium, selanjutnya tinggal masang DuOrb di tengahnya :

Duo ORB dipasang.

DuOrb dipasang.

Yep! Perfectly fit! :D
And here’s the final look :

Final look.

Final look.

Pemasangan DuOrbsebagai pendingin memberikan efek yang cukup signifikan. Sekarang suhu 4850 gw ‘cuman’ 40 di idle dan 60 celcius di full load… Adeeem ^^

Eh, tapi kalo udah dipotong kayak gini apa garansinya masih berlaku yak ~_~ hee… au ah…

Prolog

Uas udah selesai…
Libur udah dateng…
Mungkin ini saat yang tepat untuk memulai ‘kehidupan’ yang baru -__-; hmm…

Beres2 komputer di Lab
Ngidupin server di Lab (where the hell is RPL Lab’s web?!)
Ngoprek XNA (i haven’t touch it since the last game i created in Surabaya… doh)
Nyelesein kuliah (ugh!)
Ngurusin badan (guh!!)

Dan untuk menunjukkan semangat perubahan, saya akan memulai dengan mengubah layout blog ini
(again?!!!)

Posted in ?. Tags: . 7 Comments »

Met Idul Adha :)

Basbang as always…

Tadi malem kita ‘merayakan’ hari raya Idul Adha dengan acara utama : Nyate kambing :D hehehe… Iya lah, masak nyate onta??

Eniwey, hadir beberapa crew SEMM yang masih bertahan di kampus STT tercinta (nggak mudik maksodnya) seperti : Zeft, Jul, Singgih, Ferdi, Mirza, Gw, Sendi dan dihadiri bintang tamu Gelar dan Ali ^_^

Tahap pertama kita persiapan dulu. Barang-barang yang dibeli semalem adalah : Arang, Tusuk sate, Sambel kacang instant, Pisau, Kecap, Tissue, Sambel bangkok. Mirza has provided us the panggangan sate dari kosannya ^_^.

Bagian yang paling susah adalah motong-motong dagingnya. Secara kita nggak punya pisau yang mumpuni :P Setelah di potong – potong dagingnya ditusuk tusuk. Dan hasilnya adalah seperti dibawah ini :

Lagi disate :)

Diatas adalah gambar waktu sate kambingnya sudah dipotong-potong dan ditusuk-tusuk. Trus di guling-guling diatas sambel kacang barulah ditarok di atas bara api… Maknyusss :)

Setelah ber-bakar-bakar-ria, akhirnya satenya jadi juga. Hasilnya setelah dipanggang adalah seperti dibawah :

Setelah mateng…

Berhubung yang dateng cuman sedikit, daging kambing jatah dari MSU nggak abis disate malem itu. Sisanya gw bawake Cimahi, dijadiin gule kambing sama Ibu-ku. Thus jum’at siang kita pesta gule kambing :) hehehe…

Setelah diolah lagi

Met Idul Adha semuanya~~

Posted in ?. 5 Comments »

New Look :) *doh*

Lagi?
Iya…

Sekarang ada beberapa kriteria yang bikin gw milih skin yang ini :

  1. Fluid width
  2. Text yang enak di baca
  3. Warna yang simple
  4. Layout yang simple
  5. 3 Column layout, biar masih tetep nyaman dibaca di monitor wide-screen (nggak terlalu melebar)

Walaupun harus mengorbankan beberapa kriteria yang gw anggap lumayan penting :

  1. Pemisah yang jelas antar postingan
  2. Tanggal post yang ‘dikotakin’ biar jelas kapan di postingnya
  3. Custom image header

Page ini udah dicoba di tampilkan di IE 6.0 dan Firefox 2.0. Kalo di IE pagenya jadi berantakan… Nggak tau kenapa. Jadi kayaknya paling bagus kalo ditampilin di Firefox dengan resolusi monitor 1280×1024. Soalnya udah nyoba di layar Apple yang 24″ tulisannya jadi melebar ke samping gitu ~_~

Hmm… kalo mau customize CSS harus bayar lagi ya… duh -___-;

Posted in ?. 9 Comments »

New Look :)

Kayaknya skin yang ini lebih neat ^_^

Posted in ?. 2 Comments »

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Oke bos! Cara ngeditnya gimana?

Posted in ?. 1 Comment »