Akhirnya…

Jadi juara satu di FGTA 2008 di ITS…

Horaay!!! (setelah ikut beberapa putaran dan gagal terus -_-;)

Disana saya membawa game “SpaceMath”. Sebuah game action bernuansa matematika.

Main menu-nya spaceMath

Game ini banyak mengambil model dan texture dari game SpaceWar bawaannya XNA. Dibangun menggunakan XNA dan jalan native di windows XP. Ceritanya sih bumi diserang alien gitu. Aliennya dorong-dorong asteroid ke bumi. Nah untuk menjaga bumi, kita harus mendorong balik asteroid-asteroid yang mau menghantam bumi. Caranya dengan menembak asteroid tersebut dengan rocket khusus.

Rocket khusus ini ada medan magnetnya. Jumlah (satuan) medan magnetnya harus sama dengan jumlah medan magnet di kedua kutub asteroid. Medan magnet asteroidnya dilambangkan dengan soal matematika di atas setiap asteroid. Jadi kita harus menembakkan rocket yang tepat ke asteroid yang tepat. Intinya itu sih…

Hee… garing yak? Ceritanya rada maksa :P hehe… Tapi intinya sih saya pengen ada battle antar 2 pemain (atau 1 lawam Computer). Sasaran battlenya adalah asteroid-asteroid besar dan cokelat (ada 5) yang bisa di ‘ping-pong’ diantara 2 pemain. Hmm… Yah begitulah intinya :P

Gameplay1Gameplay3

Nah, siapa aja pemenang FGTA 2008 putaran ketiga di Surabaya? Ini adalah listnya yang saya ambil dari website acaranya :

ANIMASI

A. KATEGORI PELAJAR

I. A001 – Anton Andi Nugroho (SMK N 3 Yogyakarta) – Bayang-bayang

II. A039 – Ongky, Zuchal, Wahyu Tri (SMK N 5 Malang) – NOS Kerapan Modern

III. A023 – Erik Pujianto (SMK N 5 Malang) – Aku Bingung

B. KATEGORI MAHASISWA

I. A007 – Dikky Setiawan (ITS Surabaya) – Sketsa Indonesia

II. A013 – Iqin (VEDC Malang) – Hehe ini Musikku

III. A008 – Handfire’s (Politeknik Seni Yogyakarta) – Stop Merokok

C. KATEGORI UMUM

I. A002 – Gathotkaca (Gathotkaca Studio) – Grammar

II. A045 – Otothepat (otodidax_studio) – Cong”OK@War

III. A005 – Tekaceria (Tekaceria Studio) – UN Congress

GAME EDUKASI

A. KATEGORI MAHASISWA

I. G011 – Palapa Studio (IT Telkom) – SpaceMath

II. G106 – Prana Mahardika (ITB Bandung) – Sultan Agung MMOG

III. G115 – The Partner (PENS ITS Surabaya) – Dance Revolution

B. KATEGORI UMUM

I. G002 – Intra Median(ITS Surabaya) – Brain Battle Online : Once upon a time in Bali

II. G065 – Gasing Kayu(ITS Surabaya) –RISE

III. G125 – Rianti (ITB Bandung) – 2nd Chance

C. JUARA FAVORIT

I. G065 – Gasing Kayu (ITS Surabaya) – RISE [383 sms]

Selamat untuk semua pemenang, dan salut untuk tim Prana Mahardika… Enginenya mantep buanget!!! Udah kayak warcraft III aja ^_^ saluut!!!

*ehem* Nampaknya apresiasi departemen terkait untuk mengadakan acara ini sudah mulai menurun. Ini terlihat dari minimnya fasilitas yang saya dapatkan dalam acara ini. Tidak seperti putaran-putaran sebelumnya, dalam putaran kali ini kami peserta FGTA tidak lagi dijatah makan 3x sehari (1x doang, beberapa hari belakangan). Dan yang paling parah : Tidak diberi fasilitas menginap! Wew… Tipe-tipe sayalah yang paling menderita, makhluk asing di Surabaya dan tanpa anggaran biaya menginap (yang mencapai ~200rb per malam kalo mau ke hotel).

Untungnya ITS juga sedang mengadakan lomba LCEN. Nah disana saya ketemu Kusuma dari UGM, teman SMA saya dulu. Thank’s kus, kaulah penyambung hidupku (halah)… Kenapa? Karena peserta LCEN mendapat fasilitas penginapan di asrama Haji. Yaa akhirnya saya (secara diam-diam) ikut numpang tidur disana…. Hehehe, sori ya panitia LCEN, saya udah nyuri-nyuri jatah fasilitas :D

Graha ITSNah, lombanya diadakan 5 hari, dari tanggal 19-23 Mei 2008. Kami (saya dan Didi) berangkat dari kampus IT Telkom hari minggu sore. Langsung ke Stasiun KA Bandung, naik Turangga ke Surabaya. Sampai disana senin pagi, kami langsung ke Graha ITS untuk daftar ulang dan ikut pembukaan acara. Selanjutnya? Nongkrong di stand sampai sore… Soalnya memang tidak ada acara hari itu. Jam 7 malam bis jemputan datang dan saya (diem-diem) ikut disana menuju asrama haji… Hehehe…

Penjurian baru dilaksanakan mulai hari ke-2. Jumlah peserta FGTA mencapai 200an (total gabungan peserta Animasi dan Game Edukasi). Peserta Game sendiri mencapai 120an orang (saya nggak catet angka pastinya). Dan saya dapat urutan ke-11 untuk presentasi, daftar ulangnya kecepetan sih, jadi dapet nomer peserta G011. Wew, nggak kebayang deh capenya dewan juri musti ndengerin presentasi semua peserta, satu-persatu ~_~

Saking banyaknya peserta Game, presentasinya harus dibagi jadi 2 hari. Sehingga hari ke-3 ini kembali saya berbengong-bengong ria di Graha ITS. Untung aja siangnya someone-special dateng, jadi nggak bosen lagi ^_^ miss u honey ;) Akhirnya pada jam 7 malam pengumuman 20 besar lomba Game ditempel (15 kategori mahasiswa dan 5 kategori Umum, CMIIW). Alhamdulillah nama tim saya nongol disana ^_^ Yup berbekal modal nekat, SpaceMath saya poles sedikit lagi untuk dipresentasikan besoknya. Malamnya Didi banyak membantu memperbaiki tampilan Gamenya :)

Hari ke-4, Kamis, jam 2 siang saya dipanggil lagi untuk presentasi yang terakhir… Wew keringetan -_-; banyak kritik dan saran dari juri waktu itu… Yang sebenernya bikin ragu bakal dapet nomer ~_~

Next, Jum’at pengumuman pemenang FGTA dilakukan pada acara Penutupan lomba (sekaligus penutupan lomba LCEN). It was fun, diisi dengan beberapa band dan sambutan, sampai akhirnya pemenang pun dibacakan. Dag-dig-dug kayak mau copot aja ni jantung….

Pemenang ke III… bukan… Pemenang ke II… bukan juga!!! Gyaaah… <panik>… lalu terdengar suara : “Pemenang pertama, dengan nomor G Satu..” *Krak* disini hati saya sempet pecah beberapa milisecond sampai terdengar lanjutan kata-kata “..Kosong Satu Satu, Palapa..” … Yee!!! Menang!!! Hehehe… (untung nggak ampe teriak2 :P)

Selamet juga buat team Ganbate – nya Kusuma dari UGM yang dapet juara tiga :)

Ini dia the three musketeer, alumni Foursma Bali yang kumpul lagi di surabaya. Dari kiri ke kanan adalah saya, Wendy dan Kusuma… Kapan-kapan kumpul lagi bro!!! :D:D:D

3 orang ganteng

(latar belakangnya Graha ITS yang udah di beres2in)

Balok (last chapter)

Pernah makan cabe rawit? Pedes kan? Ya pasti pedes lah… Tapi gimana kalo ternyata kemakan ama cabe yang pedes buanget? Pedesnya diluar perkiraan? Nah, kira2 begitulah perasaan kami sekarang. Kayak kemakan cabe :P Dari pertama udah tau kalo rasanya bakal pedes, cuman nggak nyangka kalo se-pedes ini… ugh!

Pengalaman yang sangat menyedihkan di Semarang, Festival Game Edukasi dan Animasi Indonesia (FGEAI Semarang). Di kontes game edukasi kali ini game kami “balok” bahkan nggak masuk ke babak penyisihan kedua (13 besar). Di depak begitu saja tanpa ampoon T___T; Menyedihkan…

Eniwey, inilah game kami :

Balok

Main Menu

Dalam menu utama ada beberapa pilihan permainan. Secara umum dibagi jadi 2 kategori, latihan dan puzzle. Level-level Latihan bisa digunakan oleh pemain untuk belajar menggerakkan balok-balok dalam permainan ini. Ada 2 tipe kontrol yang bisa dipakai.

Drag mouse pake tombol kiri

Drag dengan mouse kiri. Dengan meng-klik-kiri balok itu di sembarang titik, kemudian menahan klik-kiri sambil menggerakkan mouse, sama dengan menghubungkan sebuah tali karet dari titik tersebut ke kursor mouse kita. Jadi semakin jauh kita menggerakkan mouse dari posisi awal, semakin besar percepatan yang kita beri pada balok di titik tersebut.

Dengan klik-kiri dan drag ini kita bisa mengangkat balok dan memutar-mutar balok tersebut untuk memposisikannya sesuai dengan keinginan kita.

Geser pake klik kanan

Geser dengan klik kanan. Sama dengan kontrol diatas, bedanya disini kita memakai tombol klik-kanan untuk menggerakkan balok. Hasilnya, balok yang kita pilih akan bergeser sesuai dengan posisi kursor mouse. Hanya saja, pergerakannya terbatas (sebesar kotak titik-titik di belakang balok). Hal ini memberikan tantangan tersendiri pada game Balok. Karena kita tidak bisa menggeser baloknya sesuka hati kita kemana saja. Untuk menggerakkan balok, mau-nggak mau kita harus memakai tombol klik-kiri.

Ada satu lagi kegunaan tombol klik-kanan ini. Yaitu menyetop balok yang sedang bergerak.

Gimana? Kebayang permainannya seperti apa? (klik-kiri, tahan, drag sebuah balok) lempar balok ke arah tempat yang kita tuju, kemudian tangkap (kllik-kanan, tahan) balok tersebut dan posisikan (drag sambil tetep klik kanan) sesuai keinginan kita.

Dalam game ini kita menggunakan physic engine dari farseer. Ini memberikan user experience yang unik, karena kita serasa berada di dunia nyata. Semua balok-balok di game ini saling berinteraksi layaknya benda padat di dunia nyata. Hal itu kemudian di gabungkan dengan tantangan dan informasi yang dibungkus sedemikian rupa sehingga jadi sebuah game edukasi. Unik malah, kalo menurut kami. Soalnya kayaknya blom pernah ada game kayak begini… Kayaknya loh…

Nah, trus kalo udah bisa menggerakkan balok2 tersebut mau ngapain?

Nah barulah kita masuk ke puzzle dari game ini. Puzzle dalam bahasa normal (bukan bahasa C# :P) adalah permainan mencocokkan keping-keping puzzle untuk membentuk (misalkan) sebuah gambar. Atau kalo kita mecahin vas bunga trus disuruh ngelem lagi pake alteco semua kepingan pecahannya agar kembali ke bentuk semula, nah itu artinya kita disuruh maen puzzle…

Puzzle di game Balok agak sedikit beda. Karena, semua balok-balok yang udah kita sebut-sebut dari tadi ternyata ber-sifat seperti layaknya balok-balok di dunia nyata. Artinya balok itu terpengaruh oleh gravitasi (bisa jatoh), gaya, percepatan, tumbukan, gesekan, dan rotasi terhadap titik pusat. Hanya saja ditampilkan dari satu sisi saja (2D).

Nah, diberikan sebuah set balok (terdiri dari beberapa bentuk dan warna), buatlah sebuah bangunan bersejarah di indonesia : Monas. Hehehe, tipe-tipe soal ACM-icpc :P

Yup, inti dari game ini adalah membangun, atau lebih tepatnya menyusun balok-balok tadi agar menjadi bentuk bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia. Dalam lomba ini gamenya baru kita isi dengan Monas, Candi Borobudur dan Pura Besakih.

Lebih jelasnya lihat screenshotnya :

Game on action

Di background kita bisa melihat bentuk monas (garis-putus-putus) yang di dalemnya ada warna-warna tertentu. Warna-warna itu menandakan balok yang dipasang disana harus balok yang warnanya match dengan backgroundnya.

Nah, apa bedanya dengan Puzzle biasa? Bedanya, kita harus membangun! Artinya mulai menyusun balok-baloknya dari bawah. Kalau pondasi kita nggak rapet, atau bangunannya ‘kesenggol’ maka bangunannya bisa roboh! Nah disitulah tantangan gamenya.

Dalam versi terakhirnya (1.1) game ini sudah mengintegrasikan timer sebagai sistem scoring. Semakin cepat kita menyelesaikan bangunannya, semakin tinggi rangking kita.

Setelah menyelesaikan puzzlenya kita akan disuguhkan dengan informasi tentang bangunan tersebut.

Menang dapet Info

Di gambar diatas bisa kita lihat layar informasinya. Walaupun sebenernya puzzle belum solved (cheating, hehe)…

Nah, trus akhirnya gimana? Ya itu tadi… Pedesss… >__< Karena game ini bahkan nggak dipanggil untuk masuk penyisihan tahap 2 (13 besar)… Hiks, lebih parah dari waktu mengikutkan BallCulator di Malang.

Padahal kami udah berusaha memasukkan unsur edukasi sebanyak-banyaknya ke game ini. Mulai dari sejarah, fisika (fisika terapan, diterapkan ke mouse :P) sampai koordinasi sensorik (mata) dan motorik (tangan).

Tapi Jurinya mungkin (mungkin lo ya) beranggapan bahwa semua itu terlalu banyak untuk sebuah game. Terlalu sulit mungkin? Kurang fun? Atau nggak ada unsur fun-nya sama sekali :P … Sehingga memutuskan game ala digger (multiple platform with ladder, ngejar emas yang muncul secara random di layar) lebih baik dari segi edukasi dan lebih pantas untuk ikut penyisihan kedua (setidaknya gitu loh, daripada game kami ini)… Ups, no offense yak :P

Nah, begitulah sekelumit cerita dari Semarang, nggak bisa tidur nih di travel sebelum mencurahkan unek-unek di blog ~_~

haa… lega… ^_^

Oh ya, kali ini nggak ada foto-foto screenshot atau cerita-field-report tentang game dari tim yang lain. Soalnya udah nggak sempet lagi, udah kesetanan nyari aer minum… pedesssssshhhhhhhhhh…….

— Palapa studio (Leo & Gelar)

Balok

Balok” adalah nama game yang akan kami bawa ke semarang. Dalam rangka mengikuti lomba Game Edukasi. Game ini dibangun dengan menggunakan XNA ditambah dengan Physics engine dari Farseer. Intinya sih permainan balok untuk anak-anak.

Berikut screenshotnya :

Balok ScreenShot

Masih berantakan…

Oya, inti permainannya adalah menyusun balok-balok tersebut sesuai dengan bentuk sebuah monumen. Misalkan monas. Nah bila monasnya udah terbentuk, permainan selesai. Trus player disuguhkan dengan info-info tentang Monas. Seperti pelajaran sejarah gitu…

Target pesertanya adalah anak kecil. Usia SD kebawah. Semoga bisa membawa pelajaran sejarah ke level yang ‘fun’ :P

So, tanggal 18 kami (saya dan Gelar) akan berangkat ke Semarang. Mohon do’anya ;)

Festival Game Tech dan Animasi 2008

I missed the first contest…
damn…

Publikasinya minim banget ya. Ini aja aku baru tau loh -__-;

Dalam rangka mencerdaskan anak bangsa Indonesia, khususnya pendidikan dan pengajaran langsung dari dunia komputer, maka depdiknas dalam hal ini BPKLN Depdiknas perlu mengadakan sesuatu kegiatan dengan unsur hiburan dan edukasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan game edukasi dan animasi yang dapat mencerdaskan anak bangsa. Festival Game Edukasi dan Animasi Indonesia (FGEAI) 2008 ini melalui pola sinergi 6 departemen: Depdiknas, Depbudpar, Depkominfo, Depperind, dan Kementerian Ristek serta Departemen Agama.

Festival Game Edukasi dan Animasi Indonesia (FGEAI) 2008 ini adalah hasil kerja sama antara BPKLN Depdiknas dengan universitas-universitas seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Poliseni Yogyakarta, Udinus Semarang, ICT Center Denpasar Serta AINAKI.

Semua mahasiswa yang ada di provider wajib mengikuti festival ini. Mahasiswa/siswa Jeni 2, 3, 4, 5, 6 wajib ikut berpartisi dalam acara ini minimal 3 kali putaran dengan melakukan pendaftaran online dan mengirimkan produknya pada panitia penyelenggara.

Acara ini akan berlangsung sebanyak 5 putaran dan berakhir dengan atau IAEGF (International Animation dan Education Game Festival) 2008 dengan rincian kegiatan sebagai berikut yang bertemakan Matematika, Fisika, atau Kimia, Biologi, Seni Budaya :

Penilaian dilakukan secara online serta juri yang ditunjuk langsung oleh panitia penyelenggara yang disesuaikan dengan kualifikasinya masing-masing.

Penyerahan hadiah terbaik akan diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional tepat pada hari Guru tanggal 25 November 2008. Hasil karya yang menjadi milik Depdiknas selanjutnya akan disebarkan melalui t-cash Telkomsel.

Jika Anda berminat, segera lakukan pendaftaran sekarang juga di website ini.

Little ACM Contest @ STTTelkom

Alhamdulillah barusan aja kita sudah berhasil menyelesaikan kegiatan kontes pemrograman kecil-kecilan. Kontes kali ini merupakan penutup dari rangkaian panjang ‘ajang upgrading’ buat anak-anak Programming Club.

Thanks buat pihak prolab (Programming Lab) yang udah minjemin kita ruangan labnya untuk beberapa hari terakhir. Sori merepotkan :) Maklum lah, Programming Club sampai saat ini belum memiliki fasilitas sendiri. Bahkan ruangan pun belum punya (kesian amat)…

So, kita mulai aja dengan foto-foto
Dari sudut sebelah kiri…

Ini salah satu fotonya. Diambil dari sudut belakang. Yang berdiri mulai dari kiri itu Arief, Wirawan, Naufal. Gw yang moto :P

Dari sudut sebelah kanan…

Kalo diliat dari depan, keliatan deh muka-muka antusias anak-anak Programming Club yang lagi naik delman istimewa… eh, ngerjain soal-soal ding :P

Kontes kali ini dimulai dari jam 12 siang, telat 1/2 jam dari jadwal semula karena lamanya waktu untuk persiapan. Padahal kami udah mulai persiapan dari jam 9 loh… Thanks buat Pak Kemas, Arief, Naufal, Ali yang udah bantuin nyiapin komputer-komputernya. Thanks juga buat Wirawan yang udah bikin soal.

Oya, kontes kali ini juga terasa lebih spesial. Karena ini pertama kalinya kita mencoba menggunakan program PC2 (PC square). Program ini merupakan tool standar yang digunakan untuk kontes ACM/ICPC. Hmm… Saat meng-installnya emang rada sulit. Namun akhirnya jalannya kontes dan penjurian jadi lebih mudah karena program ini. Mungkin gw juga bakal tulis langkah-langkah peng-installasi-annya nanti :)

Statistik :

Kompetisi terdiri dari 8 soal. Tingkat kesulitan soal : lumayan mudah.
Banyaknya peserta : 17 orang.
Jumlah soal yang terjawab : 5 soal.
Ranking list terakhir :

Rank Name Solved Time
1 7 – Ahmad Agung A 5 379
2 23 – Alfian Akbar G 4 304
3 3 – Ferdly Sethio 3 279
4 10 – Fauzi Aulia R 3 312
5 1 – Dewa Made Ary H 3 336
6 14 – Karina Fitriani 3 359
7 2 – Saputra Aries P 3 470
8 9 – Hiureddy Argianto 1 79
9 8 – Edi Sujarwo 1 97
10 12 – Septia Rani 1 122
11 4 – Yudhistira Amung P 1 145
12 13 – Viedyah Hutami P 1 178
13 15 – Ali Faiz 0 0
13 19 – Dwi Ananta P 0 0
13 6 – Oscar T Ardianto 0 0
13 5 – Sugeng Dinda W 0 0
13 17 – Walesa Danto 0 0

Selamat buat kalian semua! :)
Gimana? Pusing kan? :P Hehehe…

ACM ICPC 2007 : Proposal

Pagi ini aku mbuat proposal pengajuan keberangkatan tim STT01 ke Singapore… Masih dalam tahap beta sih, banyak informasi yang kurang… Secara situs penyelenggaranya sendiri masih belom selesai.

Berapa biaya bikin passport? (aku belum punya)
Berapa biaya transport kesana?
Berapa biaya nginep disana?
Berapa biaya makan disana?
Ada yang tau? Kalo ada, please tell me ^_^

Draftnya aku kirim ke pak Kemas, minta masukan lagi dari dia…

Well, lombanya sendiri masih lama, bulan desember 2007. Seharusnya aku udah mulai siap2 nih, latihan rutin… Tapi… yaa… gitu deh :P